Waspadai ! Bahaya memangku Laptop

by, junita sari

Laptop adalah alat teknologi informasi dan komunikasi yang mudah di bawa-bawa kemanapun dan dimanapun. Apalagi yang memiliki pekerjaan yang harus memerlukan laptop sebagai media, sangat sulit bagi mereka untuk jauh dari laptop kesayangan mereka. Apalagi laptop tidak memerlukakan tempat yang besar untuk dapat menggunakannya. Tanpa sadar, terkadang kita sebagai manusia sering memangku laptop karena sebagian orang menganggapnya lebih nyaman atau lebih mudah dan praktis lagi. Nah, taukah anda para pengguna laptop ,ternyata memangku laptop dapat memberikan beberapa dampak negatif bagi kesehatan, yaitu kanker kulit. Gambar dibawah ini menunjukkan penyebab memangku laptop yang di timbulkan dari salah satu jenis penyakit kanker kulit.

Penyakit ini dinamakan “Toasted Skin Syndrome“, gejalanya adalah muncul bintik-bintik di jaringan pigment kulit terluar, kebiasaan ini juga dapat memicu penyakit kanker kulit. Penyakit ini disebabkan karena panas yang dikeluarkan oleh alat-alat elektronik, seperti laptop, komputer, AC dan lain sebagainya. penyakit ini timbul karena lapisan atau jaringan pigment kulit terluar menerima panas yang disebabkan dari alat elektronik yang sedang beroperasi mengeluarkan udara panas. tetapi kita tidak menghiraukanya, karena memang tidak terasa panas ataupun sakit. tapi dalam jangka panjang, lapisan terluar pigment kita dapat terbakar dan menimbulkan kerusakan jaringan kulit terluar secara permanen.

Peneliti penyakit ini yaitu : Dr. Andreas Arnold dan Peter Itin dari University Hospital Basel, mengatakan bahwa penyakit “Toasted Skin Syndrome” tidak berdampak kerusakan jaringan kulit permanen. Akan tetapi jika kerusakan jaringan pigment kulit terluar parah, berkemungkinan besar dapat menyebabkan penyakit kanker kulit.

Jadi, bagi anda yang memiliki kebiasaan memangku laptop saat menggunakannya dimohon untuk menggunakan alas (bukan sejenis bantal) atau lebih baik lagi menggunakan cooling fan dan sangat baiknya hindari kebiasaan ini untuk alasan kesehatan.
source: http://boygeng.blogspot.com/2012/01/dampak-buruk-memangku-laptop.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s