Laptop or Tablet PC ?

by, junita sari

Sekarang Tablet PC sudah banyak beredar di pasaran, ini membuat banyak pengguna laptop yang beralih untuk menggunakan produk teknologi ini. Tablet PC juga lebih praktis dari Laptop untuk di bawa kemana-mana apalagi kesannya yang simple dengan bentuk yang lebih kecil dan ringan oleh orang yang menggunakannya.

Tablet PC berfungsi maksimal bagi pekerja yang sering berkutat di dunia online ataupun yang banyak memanfaatkan segala kecanggihan produk ini seperti pebisnis , dll. Namun, sekarang ini banyak orang awan yang juga sudah memiliki tablet PC yang ironisnya kebanyakan hanya untuk gaya-gayaan semata ini menyebabkan fungsi utama dari tablet PC akan berjalan tidak maksimal apabila hanya digunakan untuk mengikuti trend semata. Oleh karenanya, mari kita coba membandingkan tablet PC dengan laptop. Dari informasi yang telah saya kutip yang bersumber dari internet, inilah perbedaan-perbedaan antara Laptop dan tablet PC.

Efisiensi
Memang tablet PC unggul dalam interfacenya karena didukung dengan teknologi touchscreen yang dapat dengan sekali sentuh akan membuka aplikasi yang diinginkan. Tidak hanya itu saja, tablet PC juga dilengkapi dengan virtual keyboard yang dapat dipergunakan untuk mengetik segala sesuatu secara langsung di layarnya.

Namun, untuk para pebisnis, hal ini termasuk sedikit menyita waktu. Coba kita bayangkan, mana yang lebih cepat digunakan untuk menulis email dengan menggunakan virtual keyboard atau keyboard tradisional?

Kebanyakan pengguna tablet PC tidak leluasa untuk mengetik secara cepat dengan menggunakan virtual keyboard dan kebanyakan mereka akan menggunakan keyboard external yang terhubung dengan tablet PC dengan menggunakan Bluetooth.

Ukuran
Memang sekarang ini banyak beredar laptop atau notebook dengan ukuran kecil atau biasa disebut Atom. Namun, keberadaan laptop yang berukuran kecil ini masih kurang praktis dibanding dengan ukuran yang dimiliki tablet PC.

Sekali lagi, mari kita bayangkan ukuran tablet PC dengan ukuran laptop yang paling kecil. Tentunya, dari sisi ukuran dan ketebalan, tablet PC masih unggul dan praktis untuk dibawa kemana-mana atau disimpan di dalam tas.

Baterai
Tablet PC didesain secara ergonomis. Dengan desainnya tersebut para pencipta tablet tentunya memikirkan juga sisi power yang digunakan. Walaupun dikatakan mampu bertahan sampai beberapa jam, namun laptop masih memerlukan sokongan daya untuk dapat dioperasikan.

Selain itu, dikarenakan hardware yang terdapat di dalam laptop lebih komplek, maka penggunaan energinya juga lebih boros dibanding dengan tablet PC. Dalam hal ini, tablet PC lebih unggul karena dapat digunakan sehari penuh dengan sekali charging saja dibanding dengan tablet yang membutuhkan charging beberapa kali untuk pemakaian aktif dalam satu hari.

Kapasitas
Apabila mencoba membandingkan dari sisi storage atau kapasitas, jelas laptop memiliki sisi kapasitas atau HDD lebih besar dibandingkan dengan tablet PC. Tablet PC tidak dilengkapi dengan kapasitas yang berlebih dikarenakan tablet PC hanyalah tool untuk pengaksesan dan pengolahan data saja bukan sebagai tempat penyimpanan data.

Coba kita bayangkan apabila suatu tablet PC dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal yang sama dengan laptop, maka kecepatan akses aplikasi atau fitur di dalam tablet PC akan berkurang.Salah satu hal yang membuat kinerja tablet pC melambat apabila memiliki kapasitas internal sebesar yang dimiliki oleh laptop adalah RAM atau memorinya akan bekerja dua kali lebih berat untuk scanning konten di dalam penyimpanan internalnya serta scanning sistem lainnya.

Tidak hanya melambat, penggunaan internal storage besar juga membutuhkan daya energi yang besar pula. Oleh karenanya, baterai laptop lebih cepat habis dibanding dengan tablet PC karena perbedaan kapasitas penyimpanan internal tersebut.

Harga
Dikarenakan tablet PC merupakan barang baru di dunia teknologi dibanding dengan laptop yang terlebih dahulu lahir, maka secara logis tablet PC memiliki harga lebih mahal dibanding laptop. Walaupun sekarang juga banyak dipasarkan laptop dengan harga yang lebih mahal daripada tablet PC, namun secara rata-rata tablet PC masih lebih mahal daripada laptop.

Suatu contoh, rata-rata tablet PC yang beredar di pasaran sekarang dijual dengan harga sekitar USD 499 ke atas dan laptop hanya memiliki harga kisaran sebesar USD 300 sampai USD 400 saja. Faktor lain yang menjadikan harga tablet PC lebih mahal dibanding dengan tablet adalah sisi performan dan fitur.

Dari dua perangkat elektronik ini memang sedikit memiliki kesamaan, namun perbedaan yang mendasar adalah pemanfaatannya yang tepat dalam beraktifitas. Jadi, mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat🙂

source : http://www.merdeka.com/teknologi/ulasan-perbandingan-tablet-pc-dan-laptop.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s