Stop ! meniup makanan dan minuman selagi panas .

by, Junita Sari

http://salimfi.files.wordpress.com/2012/09/superstock_1491r-1107730.jpg

Apa yang akan kalian lakukan jika ingin menyantap makanan yang panas atau menyeruput secangkir minuman hangat ? Meniupnya terlebih dahulu. Yups, itulah yang telah menjadi kebiasaan orang awam pada umumnya. Ingin segera mencicipinya atau sedang terburu-buru bisa menjadi faktor paling utama orang meniup makanan atau minumannya terlebih dahulu.

Dari resourches yang saya temui. Tanpa kita sadari, itu dapat menyebabkan penyakit asidosis atau alkalosis yang mana bisa menurunkan pH darah dalam tubuh. Sebagaimana telah kita ketahui , manusia menghirup oksigen (O2) dan mengeluarkan gas karbon dioksida (CO2). Sedangkan makanan atau minuman yang masih panas tadi masih mengeluarkan uap air (H2O). Sehingga, jika kita meniup makan atau minuman tersebut, secara otomatis kita mengeluarkan gas karbon dioksida (CO2) dan akan langsung bereaksi dengan uap air (H2O) yang masih dikeluarkan oleh makanan atau minuman panas yang akan kita santap.

Alhasil, itu akan membentuk senyawa asam karbonat (H2CO3) yang akan mempengaruhi tingkat keasaman dalam darah dan dapat menyebabkan darah kita akan menjadi lebih asam dari biasanya. Akibat menurunnya pH darah, pernafasan akan bekerja lebih keras lagi sebagai usaha untuk menurunkan kelebihan asam dalam darah dengan cara menurunkan jumlah karbon dioksida.

Bila asidosis semakin memburuk, bahayanya dapat mengakibatkan syok, koma dan bahkan kematian.

Tak hanya itu , ternyata rasulullah pun telah menyunahkan melarang umatnya untuk meniup makanan atau minuman panas. Sebagaimana telah disebutkan dalam Hadits Ibnu Abbas menuturkan “Bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya”. (HR. At Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani).
 
Nah, jadi sobat-sobat semua ada baiknya untuk kita agar tidak meniup makanan atau minuman yang panas lagi dan disarankan untuk mendinginkannya terlebih dahulu sebelum menyantapnya. Baiklah, saya harap ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih
J

source : http://majlisdzikrullahpekojan.org/sains-islam/mengapa-tidak-boleh-meniup-makanan-dan-minuman.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s