Surat untuk Fanny

by, Junita Sari

    Memang menyenangkan , berkarya dalam sastra. Jari-jari tangan bergerak mengikuti pola huruf demi huruf, apalagi ditamabah secangkir teh hangat yang manis sambil duduk bersandar kursi yang sekali-kali menghadap cantiknya kebun bunga milik ibu. Angin semilir berhembus, menambah sejuknya suasana. Sejak dulu, sejak aku mengenal huruf-huruf alfabet dan bisa menulis, membaca aku gemar sekali untuk menulis sesuatu. 

   Mengingat adikku, Fanny yang sudah meninggal. Aku sangat sayang kepadanya, dia adalah adikku satu-satunya. Tapi apadaya, ternyata Tuhan lebih sayang kepadanya. Betapa senangnya aku menulis, dan pula ak masih yang tak terima kaadaan kematian adikku, aku selalu menuliskan sekertas surat sekedar sapaan, ataupun bercerita pengalamanku padanya melalui surat itu. Setiap kali aku selesai menulis surat, kusimpan lah surat  itu di dalam kotak surat yang besar dan aku taruh di atas rumah pohon tempat aku dan Fanny dulu pernah bermain bersama. Aku sangat berharap sekali ia dapat membacanya, karena kenapa? ibu pernah bilang kepadaku bahwa Fanny telah berada di tempat yang tinggi bersama Tuhan. Maka dari itu, aku menaruhnya di atas pohon. Sempat aku merasa lelah, letih, dan kesal karena menunggu balasan surat yang tak kunjung datang dari Fanny. Lambat laun, aku beranjak dewasa, aku mulai mengerti apa itu arti kematian yang sesungguhnya. Aku mulai berhenti menulis surat untuk Fanny, betapa terlalu bodohnya aku dulu. Aku mengerti, Fanny sudah tenang dan bahagia bersama Tuhan. Aku hanya dapat berdoa yang terbaik untuknya.

        Lepas dari itu, aku masih tetap gemar untuk menulis. Ku tulis cerita tentang  aku dan Fanny dalam berbagai kisah. Kubukukan dan ku abadikan cerita-cerita itu dalam novel karya-karya ku. Biarkan dunia kita berbeda, aku menyayangimu adikku, Fanny…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s